PENGERTIAN KOMUNIKASI
Pengertian komunikasi menurut beberapa pakar:
1. Sarah Trenholm dan Arthur Jansen (1996:4)
Komunikasi adalah suatu proses dimana sumber
mentransmisikan pesan kepada penerima
melalui beragam saluran.
2. Raymond S. Ross (1983:8)
Mendefenisikan komunikasi sebagai suatu proses
menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa, sehingga
membantu pendengar membangkitkan makna atau respon dari pikirannya yang serupa
dengan yang dimaksud oleh sang komunikator.
3. Everett M. Rogers&Lawrence Kincaid (1981:18)
Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau
lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yg
pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam.
4. Hoveland (1948 :371)
Komunikasi adalah proses dimana individu
mentransmisikan stimulus utk mengubah perilaku individu yg lain.
komunikasi mengacu pada tindakan,
oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi
oleh gangguan (noise), terjadi dalam
suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu dan ada kesempatan untuk
melakukan umpan balik (DeVito,1997:23)
Dalam setiap melakukan segala tindakan tentulah ada yang dinamakan proses, maka proses komunikasi pada hakekatnya adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan). Pikiran tersebut dapat berupa gagasan, informasi, opini dan lain-lain yang muncul dari benaknya (Tondowidjojo, 2002:10)
Secara ontologis : komunikasi adalah proses pemindahan dan pengoperan
arti, nilai, pesan melalui media atau lambing-lambang apakah itu melalui bahasa
lisan, tulisan ataupun isyarat.
Secara aksiologis : komunikasi adalah proses pemindahan pesan dari
komunikator kepada komunikan komunikator (stimulus) memberikan rangsangan
kepada komunikan.
Secara epictomologis : komunikasi bertujuan merubah tingkah lak, merubah
pola piker atau sikap orang lain. Untuk dapat membangun kebersamaan, mencapai
ide yang sama demi satu tujuan yang sama.
Paradigma Laswell (Harold D. Laswell)
Who
says? What? in which channel? to whom? with what effect?
-
Who
says (siapa) = komunikator atau sumber
-
What
(apa) = pesan, ide, gagasan
-
In
which chanel (saluran mana) = media dan sarana
-
To
whom (kepada siapa) = komunikan, penerima, alamat
-
Whit
what effect (dengan dampak apa) = hasil komunikasi, tujuan
Maka yang
dimaksud dengan komunikasi adalah suatu proses antara dua orang atau lebih yang
memberikan pesan, informasi pada suatu lingkungan tertentu melalui media antara
satu sama lain demi mencapai tujuan bersama.
UNSUR KOMUNIKASI
1. Komunikator,
2. Komunikan,
3. Pesan.
Menurut David K.
Berlo (1960) ada 4 unsur yang dikenal dengan SMCR
Menurut Harlod D. Laswell ada 5 unsur komunikasi yaitu :
1. Komunikator (Source),
2. Pesan
(Message),
3. Komunikan (recciver),
4. Media (Channel),
5. Efek (Effect).
KOMPONEN KOMUNIKASI
- Komunikator : orang yang menyampaikan pesan
- Pesan : ide atau informasi yang disampaikan
- Media : sarana komunikasi
- Komunikan : audience, pihak yang menerima pesan
- Umpan Balik : respon dari komunikan terhadap pesan yang diterimanya
PROSES KOMUNIKASI
Dari gambar
diatas dijelaskan bahwa pengirim (komunikator) memberikan informasi (pesan,
ide, gagasan) kepada penerima (komunikan), tugas seorang komunikan ketika
mendapatkan pesan dari komunikator adalah mendengarkan dan memahami pesan
tersebut. Ketika pesan sudah tersampaikan dan telah mencapai tujuannya, komunikan
dapat memberikan umpan balik pesan/informasi kepada komunikator. Maka diposisi
ini mereka saling bertukar. Komunikan menjadi komunikator ketika memberikan
feedback kepada komunikator. Dan komunikator menjadi komunikan ketika pesan
sudah diterimanya.
Proses komunikasi juga dapat dijelaskan sebagai berikut ini.
Sumber (komunikator) bermaksud menyampaikan gagasan (informasi, saran,
permintaan, dst.) yang ingin disampikan kepada penerima dengan maksud tertentu.
Untuk itu dia menterjemahkan gagasan tersebut menjadi simbol-simbol
(proses encoding) yang selanjutnya disebut
pesan (message). Pesan tersebut
disampaikan melalui saluran (channel)
tertentu misalnya dengan bertatap muka langsung, telepon, surat, dst. Setelah
pesan sampai pada penerima, selanjutnya terjadi proses decoding, yaitu menafsirkan pesan
tersebut. Setelah itu terjadilah respon pada penerima pesan. Respon tertuju
pada pengirim pesan.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
Proses mencapai
kesepakatan (Sharing of meaning) dalam sebuah proses komunikasi, lazimnya
berlangsung secara bertahap. Karena itu, lebih awal kita perlu
memperhatikan 5 (lima) sasaran pokok dalam proses komunikasi, yaitu:
- Membuat pendengar mendengarkan apa yang kita katakan (atau melihat apa yang kita tunjukkan kepada mereka)
- Membuat pendengar memahami apa yang mereka dengar atau lihat
- Membuat pendengar menyetujui apa yang telah mereka dengar (atau tidak menyetujui apa yang kita katakan, tetapi dengan pemahaman yang benar)
- Membuat pendengar mengambil tindakan yang sesuai dengan maksud kita dan maksud kita bisa mereka terima
- Memperoleh umpan balik dari pendengar
0 komentar:
Posting Komentar