Elemen-elemen dalam
komunikasi antara lain: Sumber, Komunikator, Pesan, Media, Komunikan, Umpan
balik dan Efek.
Sumber
Dasar yang
digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan
itu sendiri. Sumber komunikasi dapat berupa orang, buku, dokumen, lembaga atau
sejenisnya (A.W. Widjaja, 2000:30)
Sumber sesuatu
yang pasif yang diaktifkan keberadaanya oleh komunikator
Komunikator
Orang atau
kelompok yang menyampaikan pesan atau stimulus kepada orang atau pihak lain
(komunikan)
Yang perlu
diperhatikan menjadi komunikator yang baik :
1. Penampilan
Penampilan yang baik, sopan dan menarik sangat
berpengaruh dalam proses komunikasi. Sebagai seorang perawat, penampilan yang
bersih, rapi, sopan dan menarik sangat perlu dalam menjalankan perannya dalam
memberikan asuhan keperawatan kepada klien.
2. Penguasaan
masalah
Sebelum melakukan komunikasi, seorang komunikator
hendaknya faham dan dan yakin bahwa yang disampaikan merupakan permasalahan
yang penting. Penguasaan masalah sangat penting agar timbul rasa kepercayaan
dan mengakibatkan terjadi feedback.
3. Penguasaan
bahasa
Penguasaan bahasa yang kurang baik dapat menyebabkan
salah persepsi.
Pesan (message)
Keseluruhan dari
apa yang disampaikan oleh komunikator
Materi/ isi
pesan dapat bersifat informative (informasi), persuasive (menyakinkan), koersif
(perintah)
Hambatan :
bahasa dan teknis
Pesan yang
disampaikan harus tepat dan mengenai sasaran, dengan memenuhi syarat-syarat
sebagai berikut:
1.
Pesan harus direncenakan dengan baik sesuai kebutuhan
2.
Penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa yang baik
dan mudah dimengerti oleh kedua belah pihak
3.
Pesan harus menarik minat dan kebutuhan pribadi
penerima serta menimbulkan kepuasan
Channel
Saluran atau
sarana untuk penyampaian pesan atau biasa disebut juga media
Media komunikasi
dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu:
1. Media umum :
media yang digunakan oleh semua pihak pada umumnya dapat berbentuk elektronik
maupun non-elektronik (telepon, HP, surat, dsb)
2. Media Massa :
media yang digunakan oleh komunikasi massa (secara missal) (radio, film,
televisi, dsb)
3. Media Khusus :
media yang hanya dapat dipergunajan oleh dan untuk orang-orang tertentu yang
mempunyai keahlian dan kewenangan tertentu (kode atau sandi)
Komunikan
Penerima pesan.
Dapat digolongkan dlm tiga jenis: personal, kelompok dan massa
Syarat yang
harus dimiliki komunikan:
1. Keterampilan
menangkap dan meneruskan pesan
2. Pengetahuan yang
cukup
3. Siap menerima
dan memberi pesan
Feed Back
Respon komunikan
terhadap pesan yang diterima baik secara verbal maupun non verbal.
Adanya feedback
membantu komunikator dalam menilai apakah pesan disampaikan kepada
komunikan dapat dimengerti atau tidak.
Effect
Hasil akhir dari
suatu komunikasi, yakni sikap dan tingkah laku seseorang sesuai atau tidak
dengan yang kita inginkan.
Efek merupakan
tolak ukur keberhasilan komunikasi
Proses
Komunikasi
Komunikasi terjadi bila ada
sumber informasi yang merupakan bahan atau materi yang akan disampaikan oleh
komunikator. Sebelum informasi disampaikan komunikator perlu melakukan
penyandian (encoding) untuk mengubah
ide dalam otak ke dalam suatu sandi yang dapat difahami. Setelah pesan
disandikan kemudian komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan melalui
saluran atau media. Ketepatan komunikasi dalam menerima pesan sangat
dipengaruhi oleh kemampuan komunikan dalam melakukan penafsiran (decoding). Komunikasi berlangsung
efektif bila terjadi feedback antara
komunikan dan komunikator sebelum terjadinya perubahan efek/ respon sebagai
dampak dari komunikasi.
Prinsip
Komunikasi
KOMUNIKASI
ADALAH SUATU PROSES: suatu seri kegiatan yang terus menerus, yang tidak mempunyai
permulaan atau akhir dan selalu berubah-ubah serta berdampak pada terjadinya
perubahan.
KOMUNIKASI
ADALAH SUATU SISTEM: masing-masing elemen dalam komunikasi sangat terkait dan
mempengaruhi proses komunikasi yang efeketif.
KOMUNIKASI
ADALAH INTERAKSI DAN TRANSAKSI: interaksi dalam komunikasi adalah saling
bertukar fikiran. Sedangkan transaksi saling memberikan tanggapan.
Komunikasi dapat
terjadi secara sengaja atau tidak sengaja:
disengaja = pesan yang akan disampaikan disiapkan
terlebih dahulu
0 komentar:
Posting Komentar