Jumat, 05 April 2013

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

Komunikasi efektif merupakan tersampaikannya gagasan, pesan dan perasaan dengan cara yang baik dalam kontak sosial yang baik pula.

Hukum komunikasi efektif :

  1. Respect : Sikap menghargai setiap individu
  2. Empathy : Menempatkan diri pada situasi/ kondisi yang dihadapi orang lain (kebiasaan mengerti terlebih dahulu, kemudian dimengerti) -> komunikasi empatik
  3. Audible : Dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik
  4. Clarity : Kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi/ berbagai penafsiran yang berlainan
  5. Humble : Sikap rendah hati (sikap yang penuh melayani, sikap menghargai, mau mendengar, menerima kritik, tidak sombong)
Teknik Komunikasi Efektif
  1. Memahami maksud dan tujuan berkomunikasi
  2. Mengenali komunikan (audience)
  3. Berorientasi pada tema komunikasi
  4. Menyampaikan pesan dengan jelas
  5. Menggunakan alat bantu yang sesuai
  6. Menjadi pendengar yang baik
  7. Memusatkan perhatian
  8. Menghindari terjadinya gangguan
  9. Membuat suasana menyenangkan
  10. Memanfaatkan bahasa tubuh dengan benar
Proses Komunikasi Efektif
Willbur Scramm -> "the condition of success in communication"

  1. Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan
  2. Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju pada pengalaman yang sama antara komunikator dan komunikan sehingga sama-sama mengerti
  3. Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan
  4. Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan
  5. Know your audience: waktu yang tepat untuk suatu pesan, bahasa yang harus dipergunakan agar pesan dapat dimengerti, sikap dan nilai yang harus ditampilkan agar efektif, jenis kelompok dimana komunikasi akan dilaksanakan
  6. Setiap orang merupakan subyek bagi berbagai pengaruh diantaranya adalah pengaruh dari komunikator; tanggapan yang diinginkan komunikator dari komunikan harus menguntungkan bagi komunikan, jika tidak komunikan tak akan memberikan tanggapan
Lima Pondasi membangun Komunikasi Efektif

  • Empathic Communication
  • Memiliki komitmen atau janji
  • Menjelaskan harapan
  • Meminta maaf dengan tulus ketika membuat kesalahan
  • Memperlihatkan integritas pribadi















0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More